Aku Saya Ane Gue Inyong Ambo

Saya bukan blogger, bukan penulis, bukan siapa-siapa jika kalian menganggapnya begitu. Saya hanya akan sedikit bercerita tentang siapa dan bagaimana saya.

Pertama

Saya orangnya susah untuk mengingat sesuatu. Termasuk kamu. Iyah, kamu. Jadi jangan baper jika kalian pernah bertemu saya lalu saya tidak ingat kalian, kemudian kalian anggap saya sombong. Ini bukan berarti saya gampang lupa. Saya sekali ingat sesuatu, itu bisa menghantui seumur hidup.

Fakta Unik

Sampai sekarang saya masih belum hafal nama saudara-saudara saya dari bapak maupun ibu. Kalau kata pepatah, "Lali jenengé, éling rasané".

Sejak SMP, saya tidak pernah hafal nama teman sekelas. Terus pas SD kenapa hafal? Karena teman sekelas SD saya hanya 11 orang dan itu pun kita sekelas selama 6 tahun.

Kedua

Saya susah membedakan arah. Serius. Utara, selatan, barat dan timur sering terbalik. Sehingga seringkali saya tersesat dan tak tahu arah jalan pulang. Aku tanpamu, butiran debu.

Fakta Unik

Saya beberapa kali salat menghadap ke timur di rumah sendiri. Bukan, bukan karena saya baru bangun tidur, terus ngantuk, terus ga sadar salatnya. Tapi ini terjadi setiap saya habis pulang dari Jogja.

Ada lagi. Waktu mau salat jum'at, saya mboncengin bapak, dan dengan santainya saya melewati masjid. Lurus terus pokoknya. Padahal kalau mau jumatan kan ramai tuh masjid, suara lantunan ayat suci juga keras. Bapak langsung bilang "Kowe arep jum'atan nang ndi?"

Saya pun baru sadar bahwa masjid sudah terlewat. Langsung saya putar balik. Saat saya parkir motor, teman saya yang tadi melihat kejadian itu bertanya, "Kebablasan tadi?"

"Ndak, saya terlalu sering membaca Al-Fatihah, terutama ayat ke enam." Saya menjawab dengan cuek.

Masih banyak lainnya sih. Kalau ditulis semua tentang saya di sini, nanti jadi novel.